Maksimalkan 5 Hari Besar Ini Untuk Memasarkan Produk Kamu

Salah satu Hari Besar yakni Hari Lebaran memang sudah berakhir. Akan tetapi bukan berarti bisnis produk kamu pun berakhir. Selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri menyambut, muncul banyak jenis usaha baru baik itu berbentuk kecil ataupun besar. Bisnis baru yang sering kali muncul pada masa-masa lebaran yakni mulai dari fashion muslim, kue lebaran, parcel Idul Fitri, dan masih banyak lagi. 

Setelah Lebaran berlalu, kamu juga bisa lho mencoba jenis usaha lainnya yang tak kalah bagus prospek bisnis kedepannya di 5 hari besar ini. Mari simak beberapa jenis usaha yang bisa kamu coba setelah lebaran ini.

 

Idul Adha

Tak kalah ramainya dengan Idul Fitri, saat Idul Adha menjelang banyak sekali umat muslim bersiap untuk menyisihkan sebagian pendapatannya untuk berkurban atau persiapan untuk melaksanakan umroh atau haji. Oleh karena itu, bisnis hewan kurban pun sedang naik daun dan dipastikan banyak orang berminat atau sudah memulai bisnis musiman yang mendatangkan banyak cuan ini.

Tak perlu khawatir jika belum punya cukup modal untuk memulai bisnis musiman hewan kurban, ya. Kamu masih bisa adakan promo sejenis untuk memasarkan produk yang sedang kamu jual. Entah itu pakaian, parfum, makanan atau minuman, kamu bisa mengaitkannya dengan hari Idul Adha. Misalnya kamu menjual parfum atau pakaian, kamu bisa mengadakan promosi agar banyak orang menyambut Idul Adha dengan busana dan wewangian terbaik mereka. Begitu juga produk makanan dan minuman, adakan promosi yang bisa temani makanan olahan daging kurban di rumah. Yang terpenting jangan lupa sesuaikan strategi pemasaran dan promosi dengan adat dan tradisi yang ada agar tujuan usaha kamu tepat sasaran.

 

Hari Kemerdekaan

17 Agustus merupakan salah satu hari besar yang sering digunakan banyak pelaku bisnis untuk mengadakan promo besar-besaran. Umumnya strategi promosi akan mengadakan diskon di seputar angka 8, 17, 1945. Entah itu dalam bentuk persenan atau rupiah, semua tergantung oleh para pemilik bisnis. 

Jangan lupa bagikan informasi mengenai promosi yang sudah kamu adakan ke media sosial kamu menjelang datangnya hari kemerdekaan. Misalnya kamu memiliki bisnis makanan atau minuman, usahakan kamu berinovasi dengan menu yang berkaitan dengan kemerdekaan. Kamu juga bisa terapkan hal yang sama jika bisnismu merupakan pakaian atau jenis lainnya. Dengan begitu, tingkat kesadaran target customer kamu pun naik dan antusiasme semakin tinggi. 

 

Hari Valentine (Hari Kasih Sayang)

Tak jauh beda dengan Hari Kemerdekaan, Hari Kasih Sayang atau yang lebih dikenal Hari Valentine ini juga tak kalah tinggi interaksinya antara para pembeli dan pemilik usaha, lho. Bukan hanya para pemilik bisnis online yang mengadakan promo khusus di tanggal 14 Februari, akan tetapi juga para pemilik bisnis offline seperti restoran atau taman hiburan. Serupa seperti Hari Kemerdekaan, diskon di hari Valentine ini banyak yang berbentuk 2 dan 14 sesuai dengan tanggal hari kasih sayang. 

Yang terpenting adalah jangan lupa bagikan informasi jika kamu adakan promosi di hari Kasih Sayang ke sosial media agar peminatnya meninggi. Karena bukan hanya memberi kado kepada kekasih, tetapi juga yang tersayang seperti ibu, ayah, kakak, adik, atau orang yang penting di hidup mereka. Menggunakan kesempatan di salah satu hari besar ini merupakan hal yang patut dicoba!

 

Hari Natal & Tahun Baru

Natal di tanggal 25 Desember dan penghujung tahun untuk menyambut tahun baru ini cocok banget diadakan promosi untuk menghabiskan stok barang jualan atau mengenalkan produk baru untuk menyambut tahun yang baru. 

Promo besar-besaran pun sering kali diadakan oleh para pemilik bisnis. Bukan tanpa alasan, karena di waktu seperti ini banyak sekali orang memberi hadiah kepada yang tersayang atau bertukar kado pada sesama. Tentu saja dengan menggunakan hari besar ini sebagai kesempatan untuk menaikkan penjualan adalah hal yang tepat! Karena bukan hanya memberimu banyak keuntungan, tak jarang kamu juga hanya perlu mengeluarkan dana kecil. 

 

Hari Imlek

Salah satu hari besar lainnya yang patut kamu coba memaksimalkan promosi bisnis kamu adalah Hari Imlek. Sering jatuh di bulan Januari atau Februari, kamu bisa adakan promo khusus menyambut Hari Raya Imlek ini.

Tak jauh berbeda dengan Hari Raya Idul Fitri atau Hari Natal dan Tahun Baru, pastikan kamu manfaatkan momen ini juga untuk memaksimalkan bisnis kamu dalam bentuk apa saja, entah itu promosi ataupun inovasi. Dengan tingginya tingkat kesadaran masyarakat mengenai bisnis kamu, tentu saja pendapatan bisa naik seiring dengan kualitas produk dan inovasi yang kamu terapkan.