Ini dia 5 Bisnis Musiman Yang Patut Kamu Coba Setelah Lebaran

Lebaran sudah berlalu, bukan berarti bisnis musiman berlalu. Bisnis musiman dikenal hanya memiliki waktu pendek dan terbatas untuk meraup keuntungan. Akan tetapi, jika kamu mampu mengelola dan menggunakan kesempatan yang ada dengan baik, maka bisnis musiman tidak kalah dengan bisnis berkelanjutan dengan waktu yang panjang.

Ada beberapa bisnis musiman yang membutuhkan modal yang cukup lumayan, ada pula yang tidak perlu keluar modal sama sekali. Berdasarkan riset di Google, omset bisnis musiman cukup tinggi dan bisa mencapai 3 kali lipat jika dibanding penjualan biasa per bulan nya. Menarik, bukan? Jika kamu sudah mulai tertarik memulai bisnis musiman, kamu bisa memilih salah satu dari 5 bisnis musiman untuk kamu coba.

Hewan Kurban

Dengan penduduk muslim mayoritas di Indonesia, sudah kewajiban sebagai seorang muslim yang mampu dan berkecukupan untuk melakukan kurban di hari Idul Adha. Hewan yang paling umum dijadikan kurban di Indonesia yakni kambing dan kerbau.

Walau modal yang dikeluarkan cukup banyak begitu pula dengan biaya pengurusannya, akan tetapi jika kamu memaksimalkan promosi, budget, lokasi, target pasar, dan pastinya pelayanan yang terbaik, pastinya bisnis Hewan Kurban banyak meraup keuntungan yang cukup lumayan besar.

Bendera Merah Putih dan Aksesoris Pelengkap di Hari Kemerdekaan 

17 Agustus 1945 merupakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Sudah pasti di setiap tahunnya akan dirayakan Kemerdekaan Indonesia di sepanjang bulan Agustus. Banyak sekali yang mulai berjualan bendera Merah Putih yang besar maupun kecil yang menjadi hiasan di kendaraan, busana Merah Putih, hiasan dan stiker Merah Putih, apa saja dengan konsep ‘Merah Putih’. Jika kamu ingin mengambil kesempatan di bisnis musiman di hari kemerdekaan, pastikan kamu sudah melakukan riset pasar, pesaing, dan pastinya memberi tambahan nilai unik dari produk yang kamu jual agar bisnis musiman yang kamu geluti jadi lebih maksimal.

Tak hanya itu, banyak juga produk rumah tangga lainnya yang cocok dijadikan hadiah di lomba 17 Agustus-an. Maka dari itu, banyak pula promo bertebaran di Bulan Agustus yang jadi sarang keuntungan para pemilik bisnis. Jika kamu memaksimalkan penjualan produk kamu di Hari Kemerdekaan, tentu keuntungan yang kamu dapatkan pun bisa melejit jauh dibanding para pesaing kamu di bisnis musiman.

Ornamen Natal & Tahun Baru

Hari Natal dan Tahun Baru yang ada di penghujung bulan Desember juga sering kali jadi sasaran para penyuka bisnis musiman. Mulai dari pohon natal, hiasan ornamen pelengkap natal di rumah maupun di mana saja yang membutuhkan dekorasi natal jadi salah satu tambang emas yang sering digali oleh para penikmat bisnis musiman. Selain itu, sebagai penutup tahun tentu saja banyak promo diskon habis-habisan dari berbagai produk untuk menyambut tahun baru. 

Jika kamu ingin mencoba bisnis musiman di hari natal dan tahun baru tapi modalnya kurang, kamu bisa juga mencoba menjadi reseller atau dropshipper lho. Ada banyak reseller dan dropshipper yang tidak mewajibkan untuk membayar pendaftaran atau stok barang banyak. Tak heran jika bisnis musiman sudah banyak peminatnya.

Hampers dan Parsel Hari Besar

Trend hampers tak pernah lekang oleh waktu di hari-hari besar setiap tahun mulai dari Imlek, Lebaran, Natal, Hari Kasih Sayang, dan masih banyak lagi. Banyak orang yang ingin memberikan hadiah kepada orang yang bermakna di hidup mereka. Entah itu berbentuk makanan, minuman, pakaian, perhiasan, dan lainnya. Maka dari itu, bisnis musiman berbentuk hampers atau parsel sering kali meraup keuntungan yang cukup besar.

Bisnis musiman seperti hampers atau parsel di hari besar akan semakin menguntungkan jika dibarengi dengan kualitas produk, pelayanan, dan promosi yang bagus. Dijamin bisnis musiman kamu akan lebih banyak menguntungkan dibanding gaji karyawan UMR pada umumnya.

Busana atau Fashion di Hari Besar

Di hari-hari besar setiap tahunnya, pasti busana yang dipersiapkan pun berbeda. Ditambah lagi dengan ragam pemeluk agama di Indonesia, tentu saja jika pengamat trend dan ingin membuat bisnis musiman di bidang fashion bisa mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan juga.

Seperti Imlek dengan Cheongsam nya, Idul Fitri dengan Gamis dan Koko nya, Natal dengan Dress dan Pakaian bernuansa suasana Natal dan Tahun Baru, dan masih banyak busana spesial di hari-hari besar di setiap tahunnya. Tertarik berkecimpung di bisnis musiman bidang fashion? Pastikan produk yang kamu jual berkualitas dan promosi yang kamu lakukan maksimal ya!