Tips Meningkatkan Interaksi di Media Sosial Bisnis Anda

Apa kamu tahu kenapa engagement di media sosial itu penting? Engagement di media sosial adalah cara alami yang efektif untuk membuat konten kamu tersebar lebih luas. Engagement juga akan membantu bisnis online kamu meningkatkan jumlah follower atau fans, dan menarik perhatian customer baru.

Membuat konten yang bisa membuat orang memberikan like atau share memang relatif mudah, tapi perlu kreativitas lebih untuk memancing interaksi, comment, atau dialog. Coba cek beberapa tips dibawah ini untuk mendorong interaksi dari audience media sosial bisnis online kamu.

1. Mulai Percakapan

Coba tanyakan pendapat audience media sosial bisnis online kamu mengenai berbagai hal yang bisa membuat kamu mengenali mereka dengan lebih baik. Lalu setelahnya, berikan juga respon untuk jawaban yang sudah mereka berikan. Kamu juga bisa memulai percakapan dengan bisnis lain yang bergerak di industri yang sama, atau bergabung dengan komunitas tertentu.

Percakapan yang dilakukan dengan tulus dan berkualitas akan mendapatkan tingkat engagement post yang tinggi dan juga terasa lebih menyenangkan. Salah satu contoh hal yang harus dihindari adalah auto-posting Facebook yang bisa menurunkan tingkat like dan comment sebanya 70%.

2. Buat Post yang Lebih Visual

Foto dan Video adalah tipe konten yang paling banyak mendapatkan interaksi di media sosial, karena mudah dilihat dan bisa terhubung secara emosional dengan para audience. Sekitar 87% post Facebook yang paling banyak di-share mengandung sebuah gambar. Untuk meningkatkan tingkat engagement posts media sosial bisnis online kamu, sertakan elemen visual kreatif yang berhubungan dengan konten.

3. Saling Promosi dengan Bisnis Lain

Membangun hubungan yang tulus dengan bisnis lain yang bergerak dalam industri yang sama bukan hanya akan menambah teman baru dan meningkatkan kredibilitas, tetapi juga membantu kamu untuk memperluas jaringan dan menyebarkan pesan yang kamu bawa. Coba ikuti beberapa influencer yang relevan dengan bisnis online kamu, lalu share artikel dan konten mereka dengan menambahkan komentar kamu.

4. Pasang Iklan Kalau Perlu

Iklan berbayar di jaringan media sosial seringkali lebih efektif dalam meningkatkan engagement. Dengan melakukan hal ini, uang yang kamu bayarkan akan membuat konten post kamu bisa dilihat lebih banyak audience tertarget, yang memiliki ketertarikan kuat terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan. Coba gunakan cara ini untuk meningkatkan engagement dan memberikan hasil yang sepadan untuk budget marketing online yang kamu tawarkan.

5. Berikan Value

Memberikan nilai tambah dan mengembangkan komunitas adalah salah satu cara promosi di media sosial yang kurang populer. Kebanyakan bisnis hanya fokus untuk menawarkan produknya, padahal cara komunikasi seperti ini terasa kurang personal dan tidak memiliki value bagi audience. Untuk itu gunakan aturan 80/20.

80% konten post kamu harus fokus pada hal sosial, seperti:

  • Berita mengenai industri yang kamu jalankan
  • Berbagi artikel dari orang atau bisnis lain yang kamu kagumi
  • Berinteraksi dengan pelanggan dan comment
  • Berdiskusi mengenai masalah dan pertanyaan dalam industri
  • Memperlihatkan event yang sedang atau pernah diikuti
  • Promosi silang dengan influencer yang terpercaya
  • Berbagi post lama atau baru dari blog toko online kamu

Sisa 20% lagi bisa kamu manfaatkan sepenuhnya untuk promosi, berbicara tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan, dengan call to action yang jelas.

Bisnis yang aktif di media sosial hanya dengan post satu arah saja hanya membuang waktu. Dengan semakin banyak bisnis yang mengembangkan media sosial mereka, engagement harus menjadi tujuan utama, karena dengan membangun hubungan brand yang baik, pesan kamu akan lebih mudah tersampaikan dan bisnis kamu akan segera merasakan dampak positifnya.