Tips Mengelola Fanpage dengan Benar

Di artikel ini, kita akan membahas tentang Tips Mengelola Fanpage (Halaman Facebook) dengan benar. Mungkin banyak dari klien kami yang pernah bertanya, “Mas, kenapa sih kok Fanpage saya likesnya sudah 100.000 tapi setiap buat postingan untuk promosi produk baru hanya 500 – 1.000 orang saja yang melihat (dijangkau) padahal likes saya kan ada 100.000?”

Well, itu merupakan Algoritma yang dibuat oleh Facebook dengan nama “Edgerank” pada tahun 2014 dan terus diupdate sampai saat ini. Dengan kehadiran edgerank ini, jangkauan posting di halaman Facebook kian hari semakin mengecil. Misal di halaman Anda ada 100.000 likes/fans. Nah, ketika Anda mempublikasikan sebuah posting di halaman tersebut, postingan Anda tadi tidak akan langsung terbaca oleh 100.000 orang yang telah menyukai halaman Anda. Melainkan, hanya mampu menjangkau sekitar 500 – 1.000 orang.

Inilah akibat yang ditimbulkan ketika Facebook memberlakukan algoritma edgerank ini.

“Lalu gimana mas biar bisa menjangkau 100.000 orang tadi?”

Jawabannya: Mustahil, jika Anda berharap bisa menjangkau 100.000 orang yang telah menyukai Fanpage Anda. Karena jika Anda bisa menjangkau semua orang tersebut, maka beberapa tahun kemudian ketika Likes Anda sudah mencapai 1juta orang, Anda pasti akan berhenti beriklan dan pendapatan Facebook dari iklan akan merosot dan mereka bisa bangkrut. Baiklah, hari ini saya akan memberikan Tips, agar Anda bisa menjangkau lebih banyak orang dari biasanya. Diharapkan dengan mengikuti tips ini, omzet bisnis online Anda bisa semakin meroket.

Catatan: Tips ini membutuhkan konsistensi (rajin dan disiplin) yang tinggi, sehingga hasil yang Anda capai akan lebih maksimal.


Banyak sekali orang-orang yang menganggap bahwa Fanpage itu digunakan hanya untuk mempromosikan Produk, Produk dan Produk. Jika Anda juga memiliki pemikiran yang sama, segera rubah cara berpikir Anda. Pengguna Facebook di Indonesia bisa dibilang sudah melebihi banyaknya orang yang menonton televisi di rumahnya. “Lalu, apa hubungannya mas?”

Saya akan bertanya kembali, “Apa yang akan Anda lakukan jika salah satu siaran televisi yang Anda tonton hanya menayangkan Iklan Promosi? Tanpa ada film atau konten lainnya?”

Saya yakin Anda akan menjawab “Sudah pasti pindah ke siaran lain mas, masa iya mau nonton tapi dikasih lihat iklan terus?”

Ya benar, mari kita umpamakan bahwa Fanpage kita merupakan salah satu siaran televisi, dan ingat yang mempunyai Fanpage bukan hanya beberapa orang saja di Indonesia, tetapi ada ratusan ribu Fanpage dan sudah pasti, saingan juga banyak.

Apa yang akan terjadi apabila yang Anda posting itu hanya JUALAN, JUALAN dan JUALAN? Semoga Anda sudah bisa menjawabnya sendiri.

“Lalu saya harus posting apa mas kalau bukan jualan?”

Ada banyak, Anda bisa mulai membagikan gambar-gambar lucu, tips-tips singkat ataupun video-video yang tidak jauh hubungannya dari kriteria pembeli Anda. Saya akan berikan contoh, ketika saya sendiri mempunyai Fanpage dan produk yang saya jual adalah baju wanita, maka sudah bisa dipastikan 95% yang membeli produk kita adalah “Wanita”. Lalu saya akan mencoba membagikan tips singkat tentang cara atau pola hidup sehat atau tips agar menjaga badan tetap langsing. Saya juga bisa membagikan gambar yang tidak jauh hubungannya dari baju wanita, bisa humor ataupun fakta, sehingga orang-orang yang telah menyukai fanpage saya, akan like, berkomentar bahkan membagikan postingan yang saya buat tadi agar dapat dilihat oleh teman-temannya dan postingan tersebut akan menjangkau lebih banyak orang sehingga Fanpage Anda juga akan dikunjungi oleh orang-orang baru.

“Sehari harus buat berapa mas?”

Tergantung dari seberapa sibuk diri Anda, mungkin ada yang sibuk setiap pagi harus masak, mengurusin anak, mengurus konsumen, packing orderan, dll. Anda bisa mencobanya dengan yang paling mudah yaitu 2 hari sekali, jadi misalkan hari ini Anda memposting produk baru Anda, besok Anda harus posting sesuatu yang unik tadi agar Fans Anda bisa berkomentar dan berinteraksi dengan Anda. Rumusnya = Senin, Rabu, Jumat Anda memposting produk, dan Selasa, Kamis, Sabtu Anda memposting konten unik tadi.

Jika sudah mulai rutin, barulah ditingkatkan menjadi 1 hari 2 kali posting (siang posting produk dan malam posting konten)

Lakukan selama 1 bulan dan lihat hasilnya.

 

Salam Sukses!

Manajemen